Senin, 31 Januari 2011

Saat etika tak lagi ada

Kita sebagai bangsa Indonesia telah terkenal di mata dunia sebagai bangsa yang berbudaya dan memiliki budi pekerti yang luhur, serta menjunjung tinggi etika dalam kehidupan sehari-hari. Namun apa jadinya negeri ini jika generasi penerus bangsa berperilaku seperti ini???
atau yang satu ini

Jujur saja, aq sangat miris jika melihat kedua gambar tersebut, apalagi gambar-gambar ini telah tersebar luas di dunia maya. Lalu siapakah yang harus disalahkan??? Disinilah letak kesalahan kita, kita selalu memulainya dengan mencari siapa yang harus disalahkan. Seharusnya kita berpikir bagaimana cara agar hal-hal tersebut tidak berpengaruh buruk kepada anak-anak lainnya.
 Perilaku seorang anak sangatlah dipengaruhi oleh lingkungan tempat dia tumbuh dan berkembang. Untuk itu peran orang tua sangat penting dalam membentuk karakter anak. Setiap orang tua wajib mengawasi dan membimbing anaknya supaya tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang tidak baik akibat pengaruh lingkungan. Selain itu perlu juga peran serta pemerintah (dalam hal ini dinas pendidikan) untuk membentuk kurikulum yang selalu memberikan pelajaran etika kepada anak-anak selama dibangku sekolah, dari tingkatan TK-SMA bahkan perguruan tinggi.
Hal ini hanyalah pendapat diriku pribadi jika melihat kedua gambar di atas, dan tidak ada maksud untuk bersikap menggurui ataupun bertindak sok bijaksana, sebab kita semua punya pendapat masing-masing jika melihat hal tersebut.

3 komentar:

mjcoolz21 mengatakan...

sungguh memprihatinkan anak2 jaman sekarang...

Anonim mengatakan...

dapet fotonya dari mana tuh?? *_*

silent_hill mengatakan...

dari mbah google ling..